Bupati Yasti Hadiri Pengukuhan TPAKD Sulut

BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, menghadiri pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Acara pengukuhan itu langsung dipimpin Gubernur Sulut Olly Dondokambey, yang digelar di ruang rapat Mapalus, Kantor Gubernur Sulut, Jumat (24/9).

Dalam sambutan Gubernur Olly mengatakan, adapun TPAKD ini, berfungsi sebagai percepatan akses keuangan di daerah.

“Ini tentunya sangat bagus, karena akan mempercepat transaksi ekonomi di masyarakat,” kata Olly.

Dia berharap, dengan adanya tim ini, agar dapat memperkuat koordinasi dalam bidang sektor keuangan daearah, dalam menopang pembangunan daerah di sulut.

“Karena TPAKD Kabupaten/Kota ini, bakal berperan aktif dalam pertumbuhan ekonomi daerah Provinsi Sulut,” harap dia.

Disisilain, lanjut Gubernur dua periode ini, TPAKD ini juga, dapat membantu perbankan daerah dalam meningkatkan kesejahteran masyarakat sulut.

Adapun tugas TPAKD, mengidentifikasi permasalahan kondisi literasi dan inklusi daerah. Serta mensinergikan program akselerasi akses keuangan, termasuk pemberdayaan masyarakat di daerah.

“Salah satu tantangan utama perekonomian Indonesia saat ini adalah, memerangi tingkat kemiskinan dan ketimpangan pendapatan masyarakat, terlebih di massa pandemi covid-19 saat ini,” sebut Olly.

Olly pun menegaskan, kepada 15 kepala daerah se-Sulut, agar segera menindaklanjuti apa yang menjadi tujuan pada pengukuhan hari ini.

“Saya juga meminta seluruh kepala daerah di Sulut, dapat segera mungkin menindaklanjuti dan mendorong terciptanya iklim ekonomi yang baik di masing-masing daerah,” ucapnya.

“TPAKD ini, harus dekat dengan petani, nelayan serta pelaku usaha. Apalagi disektor pertanian, perkebunan dan perikanan, merupakan sektor yang unggul di semua daerah. Dan itu saya lihat langsung. Maka harus bisa ditingkatkan dan dimaksimalkan sektor tersbut,” tegas Olly.

Sebelum mengakhri sambutannya, Gubernur Olly pun mengajak, agar seluruh elemen di daerah, mulai dari pemerintah daerah, industri keuangan, dan instansi terkait lainnya, agar dapat berkolaborasi, dalam mencari terobosan untuk membuka akses keuangan yang lebih efektif.

Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes) covid-19, hadir dalam acara itu, Ketua OJK RI Muliaman Hadad, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, para perwakilan perbankan Sulut.

(Yudi Paputungan)

Komentar