Bupati Limi Dorong Tradisi Mandi Safar Jadi Wisata Tahunan

BNews, BOLMONG – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit MM, ikut menghadiri ritual Mandi Safar, oleh warga Desa Babo, Kecamatan Sangtombolang, Rabu 21 September 2022.

Ritual Mandi Safar berlangsung di Pantai Babo, merupakan tradisi yang terus dilestarikan oleh warga Desa Babo.

Adapun ritual Mandi Safar ini, digelar pada Rabu terakhir bulan Shafar, tiap tahun Hijriyah.

Bahkan, Wakil Ketua DPRD Sulhan Manggabarani, sejumlah pimpinan OPD, Camat, Sangadi wilayah Sangtombolang, Danramil, Kapolsek Sangtombolang, serta masyarakat setempat, ikut menyasikan Mandi Safar.

Penjabat Bupati Limi Mokodompit saat menyerahkan kunci speed boat, secara simbolis kepada Bumdes Babo. (foto.Yudi Paputungan).

Ketua Panitia Mandi Safar Irawan Paputungan menjelaskan, tradisi Mandi Safar ini, sudah menjadi salah satu kegiatan tahunan masyarakat setempat.

Selain sebagai agenda rutin tahunan, dan dilakukan sejak turun menurun sejak nenek moyang, trasisi ini juga sudah dimasukan dalam Peraturan Desa (Perdes).

“Ini sudah jadi agenda rutin kami masyarakat Desa Babo. Bahkan sudah dimasukan dalam Perdes,” ucap Irawan Paputungan.

Selanjutnya, Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM dalam sambutannya menyampaikan, dirinya sangat mengapresiasi tradisi yang terus dilestarikan warga Desa Babo ini.

Momen Penjabat Bupati Limi Mokodompit saat berfoto bersama, usai acara ritual Mandi Safar, di Desa Babo, Kecamatan Sangtombolang.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Bolmong ini, tradisi Mandi Safar tidak hanya untuk memperingati, merayakan dan mendoakan.

Tetapi, ini merupakan suasana yang memberikan ruang bagi seluruh masyarakat, apalagi ini mengarah pada pariwisata

Dirinya, pun mencontohkan, kalau di Bali ada ritual orang Hindu sembahyang. Dan justru itu yang menarik wisatawan dari luar.

“Jika perlu kegiatan yang bernuansa religi seperti ini, bukan hanya digelar kecil, tapi dibuat lagi lebih besar,” kata Bupati Limi.

“Da Insya Allah, kedepan akan buat lebih besar. Supaya menjadi destinasi wisata religi,” sambung Limi.

Penjabat Bupati Limi Mokodompit saat meninjau wisata Pantai Desa Babo, Sangtombolang, Kabupaten Bolmong. (Foto.Yudi Paputungan).

Selain itu, bisa menopang Pendapatan Asli Desa (PADes), dan peningkatan ekonomi bagi UKM Desa Babo.

“Kita bisa melakukan kegiatan lainnya yang punya nilai ekonomi dan nilai kepariwisataan, sehingga daerah ini akan lebih maju kedepan,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Limi juga menyerahkan bantuan fasilitas untuk mendorong pariwisat Desa Babo.

Adapun bantuan itu, 1 unit Speedboat dan 1 unit Banana Boat, diserahkan Bupati Limi Mokodompit ke Bumdes Desa Babo.

Penyerahan itu, turut disaksikan langsung Wakil Ketua DPRD Bolmong Sulhan Manggabarani.

“Bantuan ini untuk menopang sektor pariwisata Bolmong. Anggaran sebesar Rp200 juta ini bersumber dari APBD 2022” ujarnya.

Bupati berharap, dengan adanya dukung berupa bantuan yang diberikan ini, membuat sektor pariwisata kita semakin maju kedepan.

“Pada prinsipnya, semua ini untuk menopang perekonomian masyarakat, khususunya di bidang pariwisata. (Advertorial)

 

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar