Buka FGD, Tahlis: Pentingnya Menanamkan Nilai Budaya Bagi Generasi Muda

BOLMONG – Mewakili Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, secara resmi membuka Focus Grup Discussion (FGD) terkait tentang pokok pikiran kebudayaan daerah, Selasa (16/11).

Diketahui, kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Bolmong itu, bertempat di Hotel Kendi’s, Desa Lalow, Kecamatan Lolak, turut  dihadiri Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Bolmong Linda Mashoeri bersama jajarannya, Tokoh-Tokoh Adat Budaya Daerah, Staf Khusus Kebudayaan Provinsi Sulawesi Utara, Kadis Pendidikan Renti Mokoginta, Kadis Pemuda dan Olahraga Aldy Pudul, para Camat dan perwakilan masing-masing desa.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Bolmong Tahlis Gallang mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan, karena menyangkut kepentingan daerah.

Menurutnya, keberadaan daerah yang dimukim oleh beragam suku adat yang berbeda-beda, sehingga mengharuskan pemerintah daerah untuk mendiskusikan yang dapat dijadikan sebagai landasan kebudayaan daerah.

“Kabupaten Bolmong, memiliki banyak budaya daerah. Melalui diskusi ini, dapat kita simpulkan untuk dasar sebagai dokumen dalam menunjang kebudayaan daerah,” ujar Tahlis.

Lanjutnya, di era moderenisasi seperti sekarang ini, adat dan budaya daerah sudah mulai ditinggalkan oleh generasi muda. Sehingga itu dengan FGD ini, Bolmong memiliki dasar budaya yang dapat diketahui oleh generasi-generasi selanjutnya.

“Kita lakukan saat ini adalah untuk pengetahuan anak cucu kita dimasa yang akan datang,”kata Tahlis.

“Sehingga, sangat penting menanamkan nilai-nilai kebudayaan bagi genarasi muda kita, karena mereka adalah masa depan bangsa ini,” imbuhnya.

 

(Yudi Paputungan)

 

Komentar