Bappeda Terima Kunjungan Tim Surveyor BIG

BolmongNews.com, Bolmong— Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) saat ini tengah mematangkan penyusunan unsur peta dasar skala 1:5.000 di wilayahnya.

Dalam proses penyusunan unsur peta dasar tersebut, Bappeda Bolmong juga melibatkan tim Surveyor Badan Informasi Geospasial (BIG) Pusat.

“Ini bertujuan untuk menghasilkan unsur peta dasar dua dimensi (2D) pada skala 1:5.000 di wilayah Bolmong dengan menggunakan sumber data Citra Satelit Resolusi Tinggi (CSRT) othorektifikasi,” ujar Kabid Infrastruktur Pengembangan Wilayah Bappeda Bolmong, Winci Mokorimban, saat dikonfirmasi via WhatsApp, Kamis (25/04).

Ia menjelaskan, penyusunan unsur peta dasar juga membutuhkan kegiatan Survei Kelengkapan Lapangan (SKL). Menurut dia, hal itu untuk dapat memenuhi kelengkapan informasi geospasial dasar.

Selain itu, ruang lingkup kegiatan pembuaatan unsur peta skala 1:5.000 di wilayah ini adalah unsur peta dasar dua dimensi (2D), yang terdiri dari 6 layer, yaitu (1) perairan (2) bangunan dan fasilitas umum (3) penutup lahan (4) batas waliyah indikatif (5) nama rupabumi (6) transportasi dan utilitas (7) garis pantai.

“Tim BIG juga melakukan peninjauan atau survei lapangan yang masuk dalam peta dasar, seperti di wilayah Kecamatan Lolak, Bolaang bersatu, Poigar, dan Sangatombolang,” jelasnya.

Sekadar diketahui, kedatangan tim Surveyor BIG pusat berjumlah 10 orang itu, diterima oleh Kabid Infrastruktur Pengembangan Wilayah Bappeda Bolmong, diruang kerjanya. Mereka mulai melaksanakan tugas terhitung sejak hari ini sampai14 Mei mendatang. (*)

Komentar