38 Calon Paskibraka Tes PIP Secara Online

BOLMONG – Sebanyak 38 Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) mengikuti tes seleksi Pembinaan Ideoligi Pancasila (PIP) secara online (Daring), di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bolaang Mongondow, Jumat (16/7).

Kegiatan seleksi ini digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bolmong, dengan tetap memperhatikan potokol kesehatan (Prokes) covid-19. Tampak para peserta begitu serius mengisi soal-soal dengan menggunakan Handphone Android.

Menurut Kepala Dispora Bolmong I Wayan Mudiyasa, tes PIP ini sangat diwajibkan.
Berbagai rangkaian seleksi peserta, mulai dari administrasi, wawancara, fisik, kesehatan, samapta hingga tes swab antigen dilakukan.

“Ini diperuntukan juga bagi calon Paskibra yang merupakan implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pembinaan Ideologi Pancasila pada Generasi Muda, melalu program Paskibraka,” ujarnya, saat diwawancara media ini, Jumat (16/7).

Lanjur I Wayan, kalaupun ada peserta yang tidak lolos dalam tes PIP ini, maka pihaknya akan memberikan kesempatan, berupa pembekalan tentang pemahaman ideology pancasila.

“Mereka akan diberikan pembekalan tentang ideologi pancasila,dan diberikan kesempatan kembali ikut tes PIP,” imbuhnya.

Ia mengungkapkan, para peserta diberikan waktu satu jam untuk mengisi soal-soal yang ada.

“Peserta ini menggunakan aplikasi Perisai Pancasila yang sebelumnya sudah di download di Handphone Android masing-masing,” ungkap I Wayan.

Sementera itu, salah satu peserta calon Paskibraka Bolmong Sriharyati Paputungan mengaku, bahwa soal-soal yang ada gampang-gampang susah.

“Ya gampang-gampang susah sih Ka’. Namun wajib diisi soalnya,” katanya saat diwawancara media ini.

Diketahui, sebanyak 38 peserta hadir mengikuti tes PIP secara online, peserta calon Paskibraka daerah diantaranya putra 19 orang, putri ada 17 orang. Sedangkan untuk utusan provinsi ada dua orang, masing-masing 1 putra dan 1 putri.

Peliput : Yudi Paputungan

Komentar