Iskandar-Deddy Buka ANBK Tingkat SD se-Bolsel Secara Terpisah

BOLSEL—Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK), dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt dan Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid secara terpisah, Senin (15/11).

ANBK yang dilaksanakan ini untuk Jenjang Sekolah Dasar (SD) dan menengah se- Kabupaten Bolsel Tahun 2021.

Dalam sambutannya Bupati dan Wabup secara terpisah menyampaikan, bahwa ANBK ini merupakan pemetaan atas mutu pendidikan pada seluruh sekolah madrasah dan kesetaraan sekolah dasar dan menengah.

“Assesment Nasional ini sendiri terdiri dari 3 Bagian penting,” kata Bupati dan Wakil Bupati.

3 (Tiga) bagian ini antara lain, kata Bupati, dari Assesment Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar.

Lanjut keduanya, Assessment Nasional Berbasis Komputer (AMBK) ini tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu. Melainkan untuk mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan yang mengutamakan input, proses dan juga hasil.

Pada pelaksanaannya juga Peserta Assesment Nasional tidak harus membuat persiapan atau bimbingan belajar khusus agar tidak menjadi beban psikologis. Sebab, peserta juga dipilih dengan metode random sesuai ketentuan Kementerian Pendidikan Nasional.

Diinfromasikan, Bupati Bolsel Iskandar Kamaru membuka ANBK di SMP N Pinolosian, sedangkan Deddy Abdul Hamid di SDN Dayow Kecamatan Pinolosian Timur.

 (Advertorial)

Komentar