Bupati Yasti Percantik Wajah Ibu Kota Kabupaten Bolmong

BOLMONG – Selama empat tahun masa kepemimpinan Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow (YSM) dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk STh MM (YRT), telah banyak pembangunan yang dilakukan diberbagai bidang. Baik berupa pembangunan Infrastruktur jalan, pertanian, perikanan, pendidikan, serta kesehatan dan pelayanan masyarakat.

Tampak suasana PJU di ruas jalur Trans Sulawesi pada malam hari. (foto. yudi paputungan), Sabtu (14/8).

Pada pembangunan infrastruktur, diantaranya yaitu pembangunan di kawasan Ibu Kota Kabupaten, tepatnya Lolak, Kecamatan Lolak, Bolmong. Mulai dari pelebaran jalan hingga program penerangan lampu jalan (PJU).

Pemerintah Kabupaten Bolmong melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) pun hingga kini masih terus melakukan penataan kawasan Ibu Kota Kabupaten itu.

Data dihimpun, tahun 2021 ini sebanyak 137 titik PJU dipasang di sepanjang jalur jalan trans sulawesi yang berada di Kecamatan Lolak, Ibu Kota Kabupaten Bolmong.

“Program ini merupakan salah satu komitmen Bupati dan Wakil Bupati dalam membangun ibu kota Bolmong. Termasuk pelebaran dan pembangunan dua jalur di wilayah ibu kota” kata Kepala Dinas PRKP Soehendra Hamin, Minggu (15/8).

137 titik PJU dengan 274 mata lampu hiasi Ibu Kota Kabupaten Bolmong, Lolak, Sabtu (14/8). (foto.yudi paputungan)

Lanjut dia, melalui perintah Bupati, pihaknya pun berkomitmen untuk menata Ibu kota Kabupaten Bolmong.

“Artinya, Ibu Kota Kabupaten dikembangkan lebih terlihat cantik. Salah satunya adalah pembangunan infrastruktur jalan,” ujarnya.

Menurutnya, komitmen pemerintah Kabupaten Bolmong melalui kepemimpinan YSM-YRT, Lolak yang merupakan pusat Ibu Kota Kabupaten harus ditata dan diikembangkan dengan baik.

“Salah satunya PJU dan ini adalah kewajiban kita, yang merupakan Dinas pelaksana teknis,” terangnya.

Hendra menjelaskan, seluruh program SKPD, termasuk pada dinas yang dipimpinnya itu tujuannya untuk mewujudkan visi – misi Bupati Bolmong dan Wakil Bupati.

Tampak PJU terangi ruas jalan trans sulawesi, Lolak, Kabupaten Bolmong., Sabtu (14/8)(foto.yudi paputungan).

“Kita kan hanya sebagai teknis pelaksana, dan kita selalu menjalankan apa yang menjadi arahan dari pimpinan dalam hal ini Bupati,” jelasnya.

Ia menyebutkan, satu tiang PJU terdiri dua cabang yang akan dipasang dua mata lampu, untuk menerangi sisi jalur kiri dan kanan, sehingga total ada 274 mata lampu.

“Saat ini pun sudah rampung, dan telah dilakukan uji coba beberapa kali pada malam hari dan itu terlihat indah,” ucapnya.

“Pada pokoknya, ini merupakan komitmen dari Ibu Bupati Bolmong, dalam membangun Ibu Kota Kabupaten. Apalagi kita akan memasuki momentum 76 tahun kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Adapun keunikan dari PJU ini, salah satu panel yang dipasang bisa digunakan papan reklame. Ada space reklame kiri dan kanan. Tentu space reklame merupakan inovasi dari gagasan Ibu Bupati,” sambungnya.

Ruas jalan Ibu Kota Kabupaten Bolmong tampak terang benderang di malam hari. Sabtu (14/8). (foto. yudi paputungan).

Penyiapan space papan reklame itu juga akan memberikan sumbangsi pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Ini semua merupakan ide ibu Bupati,” bebernya.

Diketahui, PJU ini menggunakan token sensor cahaya. Jika sudah memasuki malam hari, lampu akan menyala secara otomatis.

Sementara itu,PJU yang terpasang sepanjang jalan Ibu Kota Kabupaten, mendapat respon positif berbagai warga setempat. Salah satunya pemilik kedai Boba Aldi Damopolii, warga Lolak Tombolango Aldi Damopolii. Dia berharap, dengan adanya PJU ini, bisa menunjang peningkatan omzet usahanya.

“Selain kesan kota makin terlihat ramai, Insya Allah omzet juga bisa semakin meningkat. Karena tempat yang terang memberikan kesan aman, terlebih ini kan jalan trans sulawesi yang banyak dilalui warga dari luar daerah,” ucap Aldi.

Suasana malam hari Ibu Kota Kabupaten Bolmong, Lolak, Sabtu (14/8). (foto. yudi paputungan)

Marjan Pontoh pun juga memberikan tanggapan bahwa, ia merasa sangat bersyukur dengan adanya lampu penerangan jalan umum ini.

“Ini sungguh luar biasa, sudah nampak ibukota Bolmong, terimakasih kepada Ibu Bupati Yasti,” ucapnya penuh bahagia.

Menurutnya, penerangan jalan ini, bisa menumbuhkan minat masyarakat untuk membuka tempat usaha.

“Kalau sudah terang benderang seperti ini kan, akan timbul niat untuk membuka usaha, baik rumah makan, warung dan lain sebagainya. Apalagi ini jalan trans sulawesi yang dilalui banyak pelintas dari luar. Disamping itu bisa menambah perekonomian kami,” terang Marjan.

Kendati baru dilakukan uji coba oleh Dinas Perkim Bolmong, Sabtu (14/8) malam, pantauan Bolmong.news, tampak warga setempat begitu sangat antusia menyaksikan PJU saat dinyalakan oleh petugas teknis. Jalur pusat Ibu Kota Kabupaten Bolmong pun tampak begitu indah dimalam hari.

Diketahui saat ini, Kabupaten Bolmong dipimpin Bupati Yasti Sopredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk. Bolmong sendiri masuk wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dengan Ibu Kotanya adalah Lolak. Bolmong pun terdiri dari 15 Kecamatan, 2 Kelurahan dan 200 Desa.

 

(Advetorial)

 

Komentar