Vaksinasi Dosis Pertama di Bolmong Capai 49,20 Persen

BOLMONG – Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yusuf Detu menyebutkan, capaian vaksinasi covid-19 diangka 115.597 dari 194.833 data sasaran.

Yusuf mengatakan, capaian vaksinasi terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, sehingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turun status Level 2.

“Kabupaten Bolmong pun saat ini berada pada PPKM Level 2,” ujar Yusuf Detu, Selasa(23/11).

Yusuf pun menyebutkan, untuk capaian vaksinasi dosis pertama telah menyentuh angka 49.20 persen. Pada dosis 2 berada di angka 17.49 persen.

Untuk ketersediaan vaksin, lanjut Yusuf, sudah mencukupi.

“Hal itu bisa kita lihat dari capaian vaksinasi di tiap-tiap 19 Puskesmas di Kabupaten Bolmong,” imbuh Yusuf.

Dengan capain vaksinasi di Kabupaten Bolmong higga turunnya status PPKM Level 2, BupatiBolmong Yasti Soepredjo Mokoagow berharap, agar percepatan pelaksanaan vaksinasi  terus dilakukan.

Tentu, kata Bupati Yasti, hal ini harus ditempuh berbagai cara dan pendekatan, termasuk melibatkan seluruh komponen di masyarakat.

“Saya minta camat dan kepala desa bisa ikut menyampaikan fakta tentang vaksin dan fungsinya dalam melindungi diri dari ancaman penularan covid-19, mengurangi angka kesakitan, meskipun saat ini kasus penularannya di Kabupaten Bolmong nol,” imbau Yasti.

Yasti juga meminta, agar di masa pandemi yang masih berlangsung, untuk selalu mengedepankan protokol kesehatan (prokes) covid-19.

“Selalu prokes, mulai dari memakai masker dengan benar, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan selalu mematuhi peraturan,” ajak Bupati Yasti.

Berdasarkan data yang ada, Kabupaten Bolaang Mongondow masuk satu dari tujuh daerah di Sulut yang berada di level 2. Diantaranya, Kabupaten Minahasa, Talaud, Minahasa Utara, Bolaang Mongondow Utara, Kota Manado, Bitung dan Tomohon.

Sedangkan derah yang berada di level 1 yakni Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sangihe, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Kepulauan Siau Tagulandang  Biaro, Bolaang Mongondow Timur  dan Kota Kotamobagu.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar