Pemkab Bersama DPRD Gelar Rapat Paripurna Ranperda APBD Perubahan Tahun 2021

BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), tentang perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBDP) tahun 2021.

Rapat Paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Boltim Fuad Landjar, didampingi oleh Wakil Ketua Medy Lensun, dan dihadiri oleh Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto S.Sos, bersama Wakil Bupati (Wabup) Oskar Manoppo SE MM tersebut, bertempat di ruang rapat DPRD Boltim, Selasa 28 September 2021.

Pada kesempatan itu, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, menyampaikan dalam sambutannya, rancangan peraturan daerah perubahan APBD tahun 2021, setelah ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), diharapkan dalam waktu singkat ini, akan segera di konsultasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov), untuk dilakukan evaluasi. Khususnya yang berkaitan dengan substansi pokok yang termuat dalam perubahan APBD tahun anggaran tahun 2021, berupa prosedur penganggaran pendapatan daerah, belanja daerah dan pembiayaan daerah, sehingga diharapkan juga untuk segera mendapatkan pengesahan dan selanjutnya akan mendapatkan pengesahan, dan selanjutnya akan kita implementasikan dalam bentuk program dan kegiatan pembangunan di tengah – tengah masyarakat.

“Saya sadari bahwa proses pembahasan antara pihak eksekutif dan legislatif terhadap Ranperda tentang perubahan APBD tahun anggaran 2021, antara banggar DPRD dan TAPD, telah berjalan dengan penuh dinamika, namun saya yakin dan percaya bahwa dinamika dalam pembahasan tersebut, bertujuan untuk menghasilkan kualitas dan kuantitas Perda tentang perubahan APBD tahun anggaran 2021 agar lebih baik lagi dan tepat sasaran,” jelas Bupati Sachrul.

Lanjut Bupati, dengan ditetapkannya perubahan APBD tahun 2021, saya sadari sepenuhnya bahwa kesemuanya itu belum dapat memenuhi kesempurnaan yang menjadi kehendak, tujuan dan sasaran yang kita dambakan, hal ini dikarenakan keterbatasan yang kita tidak dapat hindari.

“Oleh karena itu dengan segala konsekuensi logis dan tidak kesempurnaan tersebut, saya dan jajaran saya sangat berterima kasih kepada Saudara Ketua, Wakil Ketua dan Bapak/ibu anggota Dewan yang terhormat yang telah memberi ruang politis melalui sumbangsi pemikiran dengan melakukan koreksi – koraksi yang sifatnya konstruktif dan mendasar khususnya pada proses pembahasan guna mendudukan permasalahan yang dihadapi secara cermat dan tepat dalam penyusunan struktur pengalokasian penerimaan pendapat, belanja dan pembiayaan daerah serta prioritas penganggaran pada program dan kegiatan pembangunan yang memadai dan tepat sasaran,” terang Bupati.

Bupati juga menambahkan, demikian pula terkait dengan berbagai masukan, saran, pendapat dan koreksi yang disampaikan oleh Dewan yang terhormat,”Disaat antara Banggar DPRD dan TAPD sampai dengan penyampaian pandangan umum masing – masing fraksi serta badan anggaran, akan menjadi perhatian kami untuk ditindak lanjuti,” tutup Bupati.

Turut hadir dalam Paripurna tersebut, sejumlah Anggota DPRD Boltim, Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim, unsur Forkopimda, Camat, TNI/Polri. (Gazali Potabuga)

Komentar