Berbagai Lomba Keagamaan Ramaikan Pekan Maulid Nabi di Kelurahan Imandi

BOLMONG – Berbagai lomba keagamaan ramaikan pekan perayaan peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW, di Kelurahan Imandi, Sabtu (9/10).

Dengan mengusung tema ‘Dengan Hikmah Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, Kita Tingkatkan Semangat Belajar Syariat Islam, Untuk Menuju Insan yang Beriman dan Bertaqwa Kepada Allah SWT’, disambut antusias masyarakat setempat.

Adapun kegiatan diselenggarakan oleh pengurus  Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kelurahan Imandi, Kecamatan Dumoga Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Turut dihadiri Ketua PHBI Kabupaten Bolmong Farida Mooduto, Camat Dumoga Timur, Lurah Imandi, serta para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat setempat.

Ketua PHBI Bolmong Farida Mooduto saat membuka kegiatan secara resmi, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pengurus PHBI Kelurahan Imandi. Menurutnya kegiatan seperti ini merupakan ajang silahturahmi umat muslim yang sangat baik.

“Adanya berbagai lomba keagamaan yang digelar didalamnya. Terlebih khususnya tingkat anak-anak, dan ini merupakan hal yang sangat positif, karena menggali potensi keagamaan mereka,” tutur Farida.

Dia pun berharap, dengan adanya kegiatan keagamaan seperti ini, dapat menjalin silahturahmi yang kuat sesama umat muslim yang ada di Kelurahan Imandi dan menjadi muslim yang bertaqwa.

“Mari kita jadikan peringatan Maulid Nabi ini, menjadi salah satu pengingat kita sesama umat muslim, agar selalu meneladani Rasulullah SAW dan mengamalkan semua yang diajarkan beliau untuk bisa dipraktekkan dalam kehidupan kita sehari-hari,” harap Farida.

Selanjutnya, Lurah Imandi Denny Kui Walalangi menyebutkan, ini merupakan kegiatan pekan peringatan Maulid Nabi yang diselenggarakan oleh pengurus PBHI Kelurahan Imandi.

Ia menyebutkan, ada berbagai macam lomba keagamaan yang dilaksanakan, mulai dari lomba azan, baca al-qur’an, kasidah, dan lomba lainnya.

“Lomba ini hanya diselenggarakan tingkat kelurahan saja,” kata Lurah.

Antusias masyarakat, lanjutnya, begitu menyambutnya sangat positif.

“Sejak pandemi covid-19 melanda, kita tidak lagi pernah melaksanakan kegiatan apapun. Sehingga kegiatan ini disambut antusias masyarakat, apalagi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat memupus dan meningkatkan keimanan jamaah yang ada di kelurahan Imandi.

Kegiatan tersebut pun tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes) covid-19. Adapun perlombaan yang diikuti berbagai kategori, mulai dari tingkat anak-anak, remaja, dewasa hingga umum, akan berkahir pada tanggal 19 Oktober 2021, sekaligus akan dirangkaikan dengan perayaan puncak Maulid Nabi Muhammad SAW.

Para pemenang akan memperebutkan total uang pembinaan sebesar Rp 23.900.000. Untuk anggaran pelaksanaan sendiri sebesar Rp 60.000.000, melalui hasil Swadaya Jama’ah, melalui penggalangan dana oleh panitia dan juga bantuan dari pihak lainnya.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar