Pemkab Bolmong Gratiskan Rapid Test Antigen

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) gratiskan rapid test antigen bagi para ASN, tenaga honorer, tenaga harian lepas (THL) hingga kepala desa maupun perangkat desa se Bolmong.

Pantauan Bolmong.news, para ASN hingga THL begitu bersemangat ikut tes rapid test antigen yang dilakukan di gedung GOR kompleks Kantor Bupati Bolmong, Lolak, Selasa (14/9).

“Ini sangat penting. Mumpung juga gratis dan kemudian saya juga bisa tau sejak dini apakah ada ada virus covid-19 dalam tubuh atau tidak,” ungkap Yuningsi Agansi salah satu ASN di lingkungan Pemkab Bolmong.

“Alhamdulillah, hasilnya negatif,” sambungnya usai rapid tes antigen.

Dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, pemerintah daerah fasilitasi tes covid-19 gratis ini dengan dasar instruksi Bupati bernomor 400/02/SETDAKAB/156/IX/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi covid-19 dan rapid tes antigen secara massal bagi ANS, honorer,THL hingga kepala desa dan perangkat desa.

“Rapid tes antigen ini guna mengukur anti body seseorang terhadap penularan covid-19,” kata Tahlis.

“Meski resmi dimulai Rabu (15/9) besok, namun hari ini sudah kita mulai,” sambungnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong dr Erman Paputungan menjelaskan, rapid tes antigen ini untuk mendeteksi virus covid-19 sejak dini.

Adapun, kata dia, rapid tes antigen ini dilakukan dengan metode swab atau usap, dengan cara mengambil sampel dari hidung dan tenggorokan.

“Proses pemeriksaannya sangat cepat. Hanya membutuhkan waktu 15 menit saja. Dengan mengambil sampel hasil swab hidung dan tenggorokan bisa juga air liur,” kata Erman.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar