Bupati Sachrul Hadiri Pelantikan Pengurus PWI

BOLTIM— Sebagai pilar ke-empat demokrasi, Pers harus memiliki andil terhadap pembangunan daerah, karena kemajuan sebuah daerah juga tidak lepas dari peran pers itu sendiri.

Demikian disampaikan Bupati Sam Sachrul Mamonto melalui sambutannya, saat menghadiri acara pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) periode 2021-2024, Kamis 30 September 2021 siang tadi.

Selaku Penasehat PWI Boltim, Bupati yang berlatar belakang Jurnalis ini, juga memberikan sedikit wejangan kepada pengurus PWI Boltim yang baru saja dikukuhkan, terutama seputar tugas kewartawanan yang sesuai kode etik jurnalistik (KEJ).

“Sekarang ini adalah era kebebasan pers, tapi bukan berarti sebebas-bebasnya menulis berita, dengan menyalahgunakan kebebasan pers. Perhatikan kode etik jurnalistik. Jangan sembarang menulis. 5W1H (What, Why, Who, When, Where & How) yang menjadi unsur-unsur berita harus terpenuhi serta terkonfirmasi dengan sumber yang jelas,” ujar Sachrul.

Lama berkecimpung dengan profesi wartawan, dirinya memahami betul seperti apa dan bagaimana kerja-kerja seorang jurnalis. Sehingga ia pun mengingatkan agar karya atau berita yang ditulis, harus benar-benar objektif tanpa terkontaminasi dengan unsur kepentingan pribadi.

“Jangan hanya karena tidak menyukai seseorang kemudian menulis berita dan menyerangnya secara pribadi, itu tidak boleh. Kalian jangan seperti itu. Jangan jadi wartawan kampungan. Kalian harus profesional,” pesan Sachrul.

Ditambahkannya, Kode Etik Jurnalistik (KEJ) merupakan himpunan etika profesi kewartawanan. Wartawan selain dibatasi oleh ketentuan hukum, seperti Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999, juga harus berpegang kepada kode etik jurnalistik. Tujuannya adalah agar wartawan bertanggung jawab dalam menjalankan profesinya, yaitu mencari dan menyajikan informasi.

“Banyak selamat kepada adik-adik saya yang hari ini dilantik sebagai pengurus organisasi wartawan tertua di negeri ini. Insyaallah kalian bisa mengemban tugas dengan baik, dan menjadi wartawan yang benar-benar profesional,” pungkasnya.

Adapun prosesi pelantikan yang digelar di Aula Kantor Dinas Pendidikan Boltim ini, dipimpin langsung Ketua PWI Provinsi Sulawesi Utara, Drs. Voucke Lontaan dan turut dihadiri Kapolres Boltim AKBP Irham Halid SIK, Aleg DPRD Boltim Samsuddin Dama, Sekretaris PWI Sulut Merson Simbolon, Kepala Diskominfo Boltim Khaeruddin Mamonto, Kepala Kesbangpol Boltim Hendra Tangel, Kabag Tapem Setda Boltim Ikhlas Pasambuna. (Gazali Potabuga)

Komentar