5 Kali Berturut-turut Raih WTP, Pemkot Kotamobagu Raih Penghargaan dari Kemenkeu RI

KOTAMOBAGU—Pemerintah Kota Kotamobagu dibawah kepemimpinan Wali Kota, Ir. Hj Tatong Bara, dan Wakil Wali Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, SH, kembali meraih penghargaan tingkat nasional.

Kali ini, Pemerintah Kota Kotamobagu meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia atas diraihnya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia, untuk kategori 5 Tahun berturut – turut.

Diraihnya penghargaan Tingkat Nasional oleh Pemerintah Kota Kotamobagu tersebut, disampaikan pada kegiatan Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021, yang dilaksanakan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang dilaksanakan secara Virtual, Selasa (14/9) pagi.

Wali Kota Kotamobagu usai kegiatan tersebut menyampaikan rasa syukur, sekaligus apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas berbagai upaya, sehingga Pemerintah Kota Kotamobagu, dapat meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

“Alhamdulillah, hari ini Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu dapat meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia, atas diraihnya Opini WTP untuk kategori 5 kali berturut – turut, dan ini tentunya berkat kerja keras dan upaya seluruh SKPD yang selama ini selalu melaksanakan penatausahaan keuangan dengan baik,” ujar Wali Kota.

Wali Kota juga mengatakan bahwa dirinya optimis dengan Penatausahaan Keuangan yang baik, Pemerintah Kota Kotamobagu akan dapat kembali meraih opini WTP dari BPK RI, sebagaimana yang ditargetkan.

“Saya Optimis dalam 2 tahun ke depan hingga 2023, Pemerintah Kota Kotamobagu dapat kembali meraih WTP, dan bisa mencapai ke 10 kali, sebagaimana yang menjadi target 5 Tahunan pemerintahan Ini. Dengan pengalaman WTP yang berulang kali, saya yakin dan percaya SKPD ikut serta dalam upaya meningkatkan kinerja untuk pencapaian WTP. ini bukan lagi pencapaian WTP, tapi sudah menjadi budaya yang diciptakan di pemerintahan ini, yakni dengan mengedepankan penatausahaan keuangan yang professional, terukur, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujar Wali Kota Kotamobagu.

Kegiatan Rakernas yang diikuti secara virtual dari Aula Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu tersebut, juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kotamobagu, Ir. Sande Dodo, MT, Asisten 1 Pemerintah Kota Kotamobagu, Drs Teddy Makalalag, Asisten III Pemerintah Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, SH dan Sekretaris Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), Ilmar Zaldi Rusman, S.STP. (*)

Komentar