Dari 397 Terdaftar, Tinggal 61 Koperasi yang Aktif di Bolmong

BOLMONG – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) memastikan, dari total jumlah 397 koperasi yang terdaftar, hanya ada 61 Koperasi yang masih aktif.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bolmong Ofir Ratu, saat dihubungi Bolmong.news, melalu via whatsaap, Kamis (8/7).

“Yang terdaftar ke kami sebanyak 397 koperasi, namun setelah dilakukan pendataan kembali, tinggal ada 61 saja yang aktif,” ungkap Ratu.

Menurutnya, proses pendataan kembali Koperasi di Bolmong, dilakukan untuk memastikan jumlah koperasi yang masih aktif hingga sekarang, dan masih menjalankan fungsinya di tegah-tengah masyarakat.

Kendati tidak separuh yang terdaftar aktif saat ini, ia berharap mereka masih terus eksis menjalankan fungsinya dengan baik di tegah masyarakat.

“Lebih baik sedikit jumlahnya namun aktif dan menjalankan fungsinya, ketimbang banyak tetapi justru tidak aktif,” ujarnya.

Pihaknya juga serius melakukan pendampingan untuk koperasi yang aktif. Namun, tidak mengabaikan koperasi lainnya yang saat ini masih vakum.

“Kita sering mengundang mereka dalam tiap momen kegiatan sosialisasi dan pelatihan manajemen koperasi yang di gelar Dinas Koperasi dan UKM Bolmong, terlebih di bulan ini sudah ada tiga kegiatan yang kita gelar,” pungkas Ratu.

Peliput : Yudi Paputungan

Komentar