Pemkab Bolmong Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2022

BOLMONG—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2022, dengan tema “Kemandirian Ekonomi di Seluruh Wilayah Yang Terintegrasi dan Berkelanjutan”. Kegiatan yang dibuka Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow itu, digelar melalui zoom meeting di pelataran kantor Bupati Bolmong, Senin (5/3/2021).

Turut hadir Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, unsur Forkopimda, para Asisten dan pimpinan OPD di lingkup Pemkab Bolmong, Beppeda Sulut, serta peserta Musrenbang.

Bupati menjelaskan, berdasarkan Undang-undang Nomor 25 tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), mengamanatkan bahwa dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah dan rencana kerja pemerintah daerah, setiap tahunnya diselenggarakan agenda baik di tingkat pusat maupun di daerah melalui wadah Musrenbang di masing-masing tingkatan pemerintahan.

“Mulai dari dari tingkat desa/kelurahan sampai tingkat Nasional dengan melibatkan semua pihak yang berkepentingan,” jelas Bupati.

Menurutnya, Musrenbang RKPD Kabupaten Bolmong tahun 2022 mempunyai makna penting dan bertujuan untuk mendapatkan berbagai masukan terhadap penyempurnaan RKPD Bolmong tahun 2022. Dimana memuat prioritas pembangunan daerah.

Dalam Undang-undang Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara pada Pasal 17 ayat, terang Bupati, penyusunan rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) berpedoman pada rencana kerja pemerintah daerah dalam rangka pencapaian tujuan bernegara.

“Untuk itu, saya perlu mengingatkan kita semua, agar menaruh perhatian penuh pada kegiatan hari ini. Mengingat dokumen RKPD mempunyai kedudukan, peran dan fungsi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. Pertama menjadi ladang formal penyusunan kebijakan umum APBD untuk disepkati dengan DPRD dalam menyusun dokumen rancangan APBD setiap tahun berjalan. Kedua, secara operasional memuat arahan untuk peningkatan kinerja pelayanan masyarakat yang menjadi tanggung jawab perangkat daerah dalam melaksanakan dan fungsi yang ditetapkan dalam Renja SKPD. Dan ketiga, secara faktual menjadi instrument evaluasi untuk mengukur capaian kinerja penyelenggaran pemerintahan daerah, mengingat dokumen RKPD memuat tolak ukur kinerja kepala daerah,” urainya.

Lanjutnya, pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2022 harus berpedoman pada kaidah dan format yang telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah.

“Tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD. Selian itu, pelaksanaan Musrenbang RKPD 2020 ini juga berpedoman pada Permendagri nomor 13 tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, serta selalu menjaga konsistensi antar dokumen perencanaan dan penganggarannya,” ujarnya.

“Diharapkan dapat menyusun dokumen perencanaan dan penganggaran secara tepat dengan tetap menjaga konsistensi dan sinergitas, serta selalu berpegang pada asal keadilan, kepatutan, rasionalitas dan manfaat, untuk kepentingan penuh seluruh komponen masyarakat di Bolmong,” tambahnya.

Bupati menjelaskan, berdasarkan hasil yang telah dicapai pada tahun anggaran 2020 lalu, dengan mempertimbangkan pelaksanaan pembangunan pada tahun 2021 ini, serta target yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Bolmong tahun 2017-2022, maka tema pembangunan Kabupaten Bolmong pada tahun 2022 yaitu “Kemandirian Ekonomi Diseluruh Wilayah Yang Terintegrasi dan Berkelanjutan”.

“Melalui pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2022 kali ini, saya berharap dapat menjadi media interaktif bagi segenap pemangku kepentingan di daerah ini, untuk merumuskan berbagai program dan kegiatan, serta membangun komitmen bersama dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel, yang pada akhirnya menghasilkan dokumen RKPD Kabupaten Bolmong tahun 2022 yang mampu menjawab permasalahan yang ada, serta mengakomodir kepentingan masyarakat di Bolmong,” terangnya.

Diinfromasikan, dalam kegiatan itu, Sekretaris Daerah Tahlis Gallang memaparkan materi kegiatan prioritas RKPD Kabupaten Bolmong tahun 2022. Selanjutnya pemaparan materi pokok-pokok pikiran DPRD Bolmong oleh Ketua DPRD Welty Komaling, dan pemaparan materi dan arah pembangunan Provinsi Sulut oleh Sekretaris Bappeda Sulut.

Turut hadir Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, unsur Forkopimda, para Asisten dan pimpinan OPD di lingkup Pemkab Bolmong, Beppeda Sulut, serta peserta Musrenbang.

(Advertorial)

Komentar