Momentum HUT Bolmong, Yasti: Jadikan Sebagai Bahan Evaluasi

BOLMONG—Peringatan HUT ke-67 Kabupaten Bolmong yang digelar Selasa (23/3/2021) tahun ini mengangkat tema “Dengan semangat Hari Ulang Tahun ke-67 Kabupaten Bolmong, kita mantapkan kontribusi sektor pertanian, perikanan dan pariwisata  terhadap perekonomian regional dan pemerataan pendapatan masyarakat untuk percepatan pemuliahan ekonomi nasional di tengah pandemic covid-19.

Tema tersebut mengajak seluruh komponen masyarakat di daerah Bolmong, untuk terus bekerja keras dalam membangun dan melayani dalam tujuan yang sama mengangkat derajat dan eksistensi Kabupaten Bolmong sebagai daerah otonom yang dapat melahirkan inovasi positif dengan tujuan mensejahterakan seluruh kompnen masyarakat di wilayah Kabupaten Bolmong.

Menurut Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dalam konteks tersebut, ada beberapa hal yang patut diaris bawahi.Pertama, momentum HUT ke-67 tahun 2021 ini dijadikan sebagai bahan untuk melakukan serangkaian evaluasi atas apa yang telah kita laksanakan dalam berkontribusi, memberikan warna dan makna bagi perjalanan sejarah Kabupaten Bolmong. Kedua, mementum peringatan HUT Kabupaten kali ini, semua dituntut untuk merasa kepekaan dan kejelian serta kemampuan membaca berbagai persoalan strategis yang pernah dialami daerah dan di masa depan untuk kemudian kita jadikan agenda penting dalam mewujudkan masa depan Kabupaten Bolaang Mongondow yang lebih baik lagi.

“Ketiga, momentum peringatan HUT ke-67 Kabupaten Bolmong, kita jadikan sebagai wahana untuk menumbuhkan komitmen, bersatu padu memberikan karya dan prestasi terbaik bagi Kabupaten Bolmong sesuai dengan kapasitas, kapabilitas dan kompetensi kita masing-masing,” kata Yasti.

Lanjut Bupati, ada tiga tantangan besar yang dihadapi saat ini dan di tahun-tahun selanjutnya.

“Yaitu, pertama, tantangan terkait dengan percepatan pemulihan ekonomi nasional, penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja. Kedua, tantangan terkait dengan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta transparan dan akuntabel. Ketiga, tantangan terkait peningkatan sinergitas antara pemerintah daerah dan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, pemerintah daerah dengan pemerintah desa dan kelurahan serta dengan pelaku usaha dan masyarakat luas,” terangnya.

“Dalam menghadapi ketiga tantangan tersebut, tentu kita tidak menutup mata terhadap dinamika pembangunan yang telah kita lalui selama ini,  yang masih sarat dengan berbagai tantangan.  Meskipun permasalahan daerah di berbagai sektor pembangunan telah kita selesaikan sedikit demi sedikit. Sehingga kita dapat melihat bahwa, perubahan itu ada dan menghasilkan pertumbuhan positif bagi pembangunan di daerah kita tercinta ini,” sambungnya.

Bupati mengatakan, semua keberhasilan yang diraih merupakan hasil kerja keras dari semua komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Bolmong.

“Didalamnya termasuk jajaran birokrasi, baik yang ada di tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa dan kelurahan.  Karena tanpa birokrasi yang kompoten, loyal dan professional, maka prestasi pemerintahan tidak akan mungkin terukir indah dalam sejarah perjalanan Kabupaten Bolmong,” pungkasnya.

(Gita Potabuga/ Erwin Makalunsenge)

Komentar