Tahun 2021, Disdik Prioritaskan Anggaran Pembangunan Gedung SDN 1 Motoboi Besar

KOTAMOBAGU—Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu memprioritaskan anggaran pembangunan gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kelurahan Motoboi Besar Kecamatan Kotamobagu Timur, tahun 2021 mendatang.

“Pembangunan SD Negeri 1 Motoboi Besar ini menjadi prioritas kami tahun depan,” kata Kepala Disdik Kotamobagu melalui Sekertaris Disdik, Rastono Sumardi, saat ditemui (30/9/2020) kemarin, di ruang kerjanya.

Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara saat meninjau gedung SDN 1 Motoboi Besar yang terbakar beberapa waktu lalu. (foto: sebelum pandemi covid-19).

Ia menyebut, alokasi dana untuk pembangunan gedung SDN 1 Motoboi Besar yang terbakar pada 30 Januari 2020 lalu itu, diperkirakan sekitar 3 milyar rupiah. “Insya Allah anggarannya melalui APBD tahun 2021. Untuk membangun 6 ruangan kelas ini kurang lebih tiga milyar. Ada sebagian anggarannya juga nanti diambil dari DAK (Dana Alokasi Khusus), tapi hanya untuk jamban dan perpustakaan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, penganggaran untuk bangunan baru tidak bisa lagi dibiayai secara keseluruhan melalui DAK. “ Kalau skema penganggaran pemerintah pusat sekarang ini hanya bisa rehab sedang. Sementara ini total bangun baru. Jadi kami harus gunakan anggaran DAU (Dana Alokasi Umum),” jelasnya.

Diketahui proses kegiatan belajar mengajar SDN 1 Motoboi Besar  masih menggunakan gedung SDN 2 Motoboi Besar. (Erwin Makalunsenge)

 

Komentar