LBI Ziarah ke Makam Leluhur Suku Mongondow

BolmongNews.com,  Kotamobagu–Sejumlah pengurus,  simpatisan dan calon anggota Laskar Bogani Indonesia (LBI) melakukan ziarah ke beberapa makam leluhur suku Mongondow,  Minggu (10/3/2019).

Diantaranya,  makam Raja Loloda Mokoagow (Datoe Binangkang)  di perkebunan rigi Desa Poyowa Besar dan  makam Bogani Ponuak di Desa Tabang Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Sekertaris panitia deklarasi akbar LBI, Murdiono Mokoginta, mengatakan, ziarah tersebut merupakan kegiatan awal dari seluruh persiapan deklarasi akbar LBI.

“Sebagai organisasi adat di Bolmong Raya, Laskar Bogani Indonesia selain bertugas menjaga jengkal tanah juga menjaga dan melestarikan nilai budaya. Salah satunya ziarah ke makam para leluhur, ” kata Dion sapaan akrabnya.

Salah satu pegiat sejarah dan budaya Bolaang Mongondow ini menambahkan,  sebagai organisasi adat pertama di BMR, LBI juga direncanakan akan melakukan seminar kebudayaan dan adat.

“Panitia sudah memasukan kegiatan ini pada tahapan-tahapan yang direncanakan.  Untuk deklarasi akbar sesuai jadwal tanggal 30 Maret 2019 mendatang, di lapangan Molinow Kecamatan Kotamobagu Barat, ” tambahnya.  (ewin)

Komentar